Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari. Assalamu’alaikum Ayah & Bunda. Membangunkan anak di pagi hari memang bisa jadi momen yang menguji kesabaran ya. Mungkin Ayah & Bunda sudah melakukan bermacam cara, tapi tidak ada yang mempan untuk membangunkan ananda untuk sholat subuh dan siap-siap berangkat ke sekolah.

Nah, agar ananda terbiasa bangun pagi, Ayah & Bunda bisa menerapkan tips berikut ini.

  1. Disiplinkan Waktu Tidur Setiap Hari

Ananda perlu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, karena kurang tidur bisa memengaruhi prestasinya di sekolah. Nah, agar ananda mudah dibangunkan di pagi hari, terapkan kebiasaan sehat sebelum tidur dan ajak ananda tidur lebih awal. Perlu juga membuat kesepakatan dengan ananda untuk bangun pagi.

Tidur dapat dimulai pukul 9 malam dan membangunkannya pada pukul 5 pagi.

2. Pasang Alarm

Penggunaan alarm dapat membantu ananda agar bangun sesuai dengan target waktu bangun sekaligus menerapkan kedisiplinan. Ayah & Bunda dapat membelikan ananda jam beker sesuai dengan model, karakter, dan warna favoritnya. Supaya ananda makin semangat bangun di pagi hari.

3. Membangunkan Dengan Cara Yang Menyenangkan

Penting untuk membangunkan ananda dengan cara yang menyenangkan. Hindari meneriaki dan memarahinya karena justru bisa membuat ananda tambah tidak suka bangun pagi.

Saat membangunkan ananda, nyalakan lampu kamarnya atau buka tirai jendela. Setelah itu, duduk di pinggir kasurnya dan panggil namanya dengan nada suara biasa. Elus pelan punggungnya agar ia tidak tiba-tiba merasa terganggu.

4. Ulangi Beberapa Kali dan Bersabar

Usahakan Ayah & Bunda sudah mulai membangunkan ananda sekitar 15–30 menit sebelum jadwal bangunnya, agar ia mempunyai waktu dan tidak merasa harus terburu-buru bangun.

Ananda juga masih bisa bersantai sebentar sebelum waktu sholat, mandi, sarapan, dan bersiap bersekolah. Ayah & Bunda dapat melakukannya beberapa kali dan bersabarlah bila ananda belum meresponsnya.

5. Terapkan Jadwal Yang Sama Meski Hari Libur

Bila Ayah & Bunda telah sepakat dengan jadwal tidur yang teratur untuk ananda pada hari sekolah, sebaiknya aturan ini juga tetap diberlakukan pada hari ketika ia tidak sekolah maupun saat libur panjang.

Jangan biarkan ananda bangun siang agar ia tidak sulit dibangunkan ketika libur sekolah telah usai.

6. Ajari Konsekuensi

Ajak ananda berkomunikasi bahwa jika ia terlambat bangun pagi, ia akan ketinggalan sholat subuh, tidak punya waktu cukup untuk sarapan pagi, merasa terburu-buru di pagi hari, serta bisa saja ketinggalan mobil jemputan sekolah. Akibatnya, ia pun terlambat juga ke sekolah.

Konsekuensi seperti ini bisa dibicarakan di awal agar ananda mengerti betapa pentingnya bangun pagi.

Bagaimana Ayah & Bunda?

Selamat mencoba ke enam tips membangunkan ananda di pagi hari ya.

Jangan lupa juga untuk memberikan contoh yang baik bahwa kita sebagai orang tua juga perlu bangun pagi sehingga ananda dapat meniru kebiasaan baik tersebut.

💯

Sekolah Islam Terintegrasi Insan Teladan membuka pendaftaran bagi peserta didik baru:

🏡 TK Islam Insan Teladan
🏡 SDIT Insan Teladan
🏡 SMP IT Insan Teladan
🏡 Pondok Tahfizh Modern

Sekolah Insan Teladan berkomitment untuk mencetak generasi unggul Cipta 4.0 (Contribute, Innovative, Productive, Technology, & Applicable).

Daftarkan segera Putra/i Ayah Bunda sekarang juga dan dapatkan special price dan special discount!

Amankan Slot Sekarang Karena Kuota Terbatas

Open registration: November 2021 – Juni 2022

—————————————————
Informasi & Pertanyaan ⤵️
📡 https://lynk.id/sekolahinsanteladan
🌐 insanteladan.sch.id
▶️ Sekolah IT Insan Teladan
📱Whatsapp: 0813-2133-2728
Instagram 🔗: sekolah.it.insanteladan
Facebook 🔗: Insan Teladan
—————————————————